Minggu, 02 Oktober 2011

PRAMUKA WAJIB ?


Menurut pengamatan saya, pada akhirnya Pramuka diwajibkan bagi siswa kelas X dengan konsekuensi hukuman berupa olah fisik ( push up & sit up ) dan denda Rp. 1000,- / anak, jika tidak mengikuti kegiatan pramuka di setiap hari sabtu.

Tapi apa yang terjadi...

Foto ini Kegiatan Pramuka pada hari Sabtu tgl 1 Oktober 2011, Sekolah perlu review kembali mengenai Jadwal, Sanksi dalam pramuka dan ketegasan Sanksi Akademis.











Bisa terlihat bahwa kegiatan Pramuka kurang ada gregetnya bagi siswa SMK NU 03 Kaliwungu, padahal sudah diwajibkan dan diberikan sanksi bagi yang tidak mengikuti. Review perlu dilakukan dari segi :
1. Jadwal , apakah jadwal kegiatan Pramuka setiap hari sabtu sudah pas atau belum? karena berdasarkan wawancara dengan sebagian siswa ada yang hari sabtu masuk sekolah Sore (Madrasah ).
2. Sanksi dari Pramuka, yang berupa olah fisik ( sit up & push up ) dan denda Rp. 1000,- / anak jika melanggar , kurang efektif karena pada kenyataanya tidak berakibat jera bagi siswa. Sanksi tersebut menurut saya masih taraf ringan.
3. Perlu adanya turut campur pihak sekolah, dengan memberikan sanksi akademis bagi yang tidak mengikuti kegiatan pramuka.

Hal tersebut patut menjadi perhatian karena kegiatan Pramuka menjadi titik awal dari kedisiplinan dan ketertiban siswa.

Yah.. semoga kedepan Pramuka di SMK , menjadi lebih baik dan maju.. amin..

3 komentar:

Kiki Dewi mengatakan...

amiiin pak guru :)

Surya Ajie mengatakan...

SETUJU saya pak guru, semoga kegiatan pramuka di smk nu 03 klw bisa menjadi lebih baik dan selalu maju terus pantang mundur....

Atasi Wc Mampet Tanpa Sedot mengatakan...

menarik dan bermanfaat sekali nih infonya
du tunggu info selanjutnya
terimakasih